E-Mail Forwarder Alumni

Tentang Layanan

  1. Apa itu Email Forwarding?
  2. Bagaimana cara kerja Email Forwarding?
  3. Bagaimana jika Email Forwarding saya bermasalah?
  4. Saya sudah memiliki account email sendiri. Mengapa saya perlu menggunakan Email Forwarding?
  5. Saya sudah memiliki account email sendiri. Apa perbedaan Email Forwarding Alumni dengan account email saya?
  6. Dapatkah saya menggunakan Email Forwarding Alumni jika saya tidak memiliki account email?
  7. Bagaimana cara setting Email Forwarding Alumni?
  8. Bagaimana cara mengubah alamat forward saya?
  9. Dapatkah Email Forwarding Alumni mengirim ke beberapa alamat forward?
  10. Apa yang harus dilakukan jika dalam jangka waktu tertentu saya tidak memiliki alamat forward?
  11. Bagaimana cara setting alamat pengirim pada Email Forwarding Alumni?
  12. Bagaimana cara mengirim email dari account Email Forwarding Alumni?
  13. Apakah Email Forwarding Alumni akan men-delay email?
  14. Apakah Email Forwarding Alumni menyimpan pesan saya?
  15. Apakah Email Forwarding Alumni dapat menerima attachment?
  16. Apakah Email Forwarding Alumni membatasi besarnya attachment?
  1. Apa itu Email Forwarding?

  2. Email Forwarding merupakan layanan khusus untuk alumni ITB yang dapat membantu menjaga silaturahmi antar teman, keluarga, dan rekanan. Anda bisa saja memiliki beberapa macam alamat email, namun Anda tetap dapat dihubungi melalui email @alumni.itb.ac.id, yang kemudian akan diforward ke alamat email yang Anda pilih. Sehingga, jika email anda berubah, Anda tidak perlu repot menyampaikan ke teman-teman Anda. Cukup dengan merubah alamat forward pada profile Account Alumni Anda.

  3. Bagaimana cara kerja Email Forwarding?

  4. Ketika anda melakukan registrasi Account Alumni, Anda akan memperoleh alamat email @alumni.itb.ac.id. Bersamaan dengan itu, Anda diharuskan untuk mengisi alamat email yang akan difungsikan sebagai penerima email @alumni.itb.ac.id. Ketika ada email masuk ke account_anda@alumni.itb.ac.id, email akan diforward ke alamat email yang telah anda tentukan.

  5. Bagaimana jika Email Forwarding saya bermasalah?

  6. Silahkan kontak nicadm[at]itb.ac.id. Permasalahan Anda akan ditangani selama-lamanya maksimal 3 hari kerja.

  7. Saya sudah memiliki account email sendiri. Mengapa saya perlu menggunakan Email Forwarding?

  8. Alamat email Anda kadang-kadang akan berganti ketika Anda bepergian, pindah tempat tinggal, pindah tempat kerja, atau pindah ISP. Untuk tetap dapat berhubungan dengan teman, keluarga, atau kolega, Anda harus memberitahukan alamat email Anda yang baru. Sehingga, dalam masa transisi pindah ke alamat email yang baru, Anda mungkin kehilangan beberapa email penting.

    Dengan Email Forwarding, Anda tidak perlu memberitahukan perubahan alamat email anda. Email Forwarding akan @alumni.itb.ac.id akan menjadi milik Anda selamanya, sehingga Anda akan mudah dihubungi melalui alamat email @alumni.itb.ac.id.

  9. Saya sudah memiliki account email sendiri. Apa perbedaan Email Forwarding Alumni dengan account email saya?

  10. Email Forwarding Alumni hanyalah layanan forward email, bukan account email. Perbedaan utamanya adalah Email Forwarding tidak memiliki fasilitas penyimpanan email. Email Forwarding akan memforward setiap email yang dikirimkan ke alamat email @alumni.itb.ac.id Anda ke account email yang telah Anda tentukan sebagai alamat forward.

  11. Dapatkah saya menggunakan Email Forwarding Alumni jika saya tidak memiliki account email?

  12. Tidak dapat. Karena Email Forwarding Alumni hanyalah layanan forward email. Anda tidak dapat menggunakan Email Forwarding Alumni jika Anda tidak memiliki account email yang akan digunakan sebagai penerima Email Forward. Banyak layanan di Internet yang menyediakan layanan email gratis (seperti Hotmail, Gmail, Yahoo). Anda dapat menggunakan account email apapun yang Anda miliki untuk dapat memiliki layanan Email Forwarding Alumni.

  13. Bagaimana cara setting Email Forwarding Alumni?

  14. Untuk melakukan setting Email Alumni, Anda harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu. Pada proses registrasi, Anda akan diminta memilih username dan password. Alamat Email Forwarding Alumni Anda adalah username@alumni.itb.ac.id. Selain itu, Anda juga diminta untuk mengisi alamat forward. Anda dapat merubah informasi alamat forward kapan saja jika diperlukan. Mohon untuk selalu mengupdate alamat forward Anda, sehingga orang lain akan mudah menghubungi Anda via Email Forwarding Alumni.

  15. Bagaimana cara mengubah alamat forward saya?

  16. Untuk merubah alamat forward, silahkan akses http://mail.alumni.itb.ac.id/user_chmail.php, lalu klik Edit. Alamat forward yang baru dapat langsung digunakan setelah proses perubahan selesai.

  17. Dapatkah Email Forwarding Alumni mengirim ke beberapa alamat forward?

  18. Layanan Email Forwarding Alumni dapat mengirim ke lebih dari satu alamat forward.

  19. Apa yang harus dilakukan jika dalam jangka waktu tertentu saya tidak memiliki alamat forward?

  20. Jika Anda tidak menyertakan alamat forward yang valid, email yang dikirimkan ke email Alumni Anda akan dikembalikan ke pengirimnya. Ada beberapa layanan email gratis di Internet (seperti Gmail dan Yahoo) yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif alamat forward.

  21. Bagaimana cara setting alamat pengirim pada Email Forwarding Alumni?

  22. Anda harus membuka software yang digunakan untuk mengakses email. Carilah bagian setting Reply-To. Bagian ini biasanya ada di dalam menu Options, Preferences atau Tools, tergantung software email yang digunakan.

  23. Bagaimana cara mengirim email dari account Email Forwarding Alumni?

  24. Anda dapat mengirimkan email melalui halaman http://mailalumni.itb.ac.id/user_kirim.php. Untuk dapat mengirimkan e-mail Anda sebagai @alumni.itb.ac.id melalui webmail atau desktop email-client, silakan ikuti petunjuk pada halaman Pengaturan Konfigurasi Mail Alumni di Webmail dan Pengaturan Konfigurasi Mail Alumni di Mail Client.

  25. Apakah Email Forwarding Alumni akan men-delay email?

  26. Tidak, Email Forwarding Alumni tidak akan men-delay email. Ketika server Email Forwarding Alumni menerima sebuah email, email akan diforward sesegera mungkin. Namun, delay bisa terjadi jika server Email Forwarding Alumni mengalami kesulitan menghubungi server alamat forward. Jika email terdelay pada periode waktu tertentu, Anda disarankan untuk menghubungi nicadm[at]itb.ac.id dan juga menghubungi email provider Anda.

  27. Apakah Email Forwarding Alumni menyimpan pesan saya?

  28. Tidak. Segera setelah menerima email, Email Forwarding Alumni akan meneruskan pesan Anda ke alamat forward. Email yang diterima dan diteruskan oleh Email Forwarding Alumni tidak akan disimpan maupun di-archived.

  29. Apakah Email Forwarding Alumni dapat menerima attachment?

  30. Ya, Email Forwarding Alumni dapat menerima attachment. Mohon diingat bahwa executable files (.exe) akan ditolak oleh server Email Forwarding Alumni demi keamanan dari virus.

  31. Apakah Email Forwarding Alumni membatasi besarnya attachment?

  32. Ya, Email Forwarding Alumni membatasi ukuran total email dan attachment agar tidak lebih dari 25 MB. Email yang lebih dari 25 MB akan dikembalikan ke pengirim.

Registrasi Layanan E-Mail Forwarding

Nomor Induk Mahasiswa
Nama Lengkap
What is 13 + 13 =  CAPTCHA: